diposkan pada : 15-01-2021 03:35:27

Rak tempel dinding adalah salah satu solusi yang sangat menarik jika anda membutuhkan tempat penyimpanan tambahan dengan unsur dekoratif. Terlebih lagi, cara membuat rak dinding melayang ini sangatlah hemat tempat.

Rak dinding melayang atau floating shelf yang unik karena kesan ajaibnya ini memang perabot wajib untuk rumah minimalis modern yang biasanya memiliki ruang terbatas. 

Tak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan barang, model rak dinding melayang yang bermacam-macam bisa mempercantik rumah anda.

Bahan dan Alat Membuat Rak Dinding Melayang

Penasaran bagaimana cara membuat rak dinding sendiri? Anda bisa mulai dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Setidaknya ada 7 bahan yang harus anda siapkan. Berikut daftar bahan yang anda butuhkan untuk membuat rak dinding melayang:

  • Plat Besi 3mm Panjang 7cm - 10cm (2 buah)
  • Plat Besi 3mm Panjang 26cm - 35cm (2 buah)
  • Multipleks atau Tripleks 12mm
  • Cat Kayu
  • Lem Kayu
  • Sekrup / Paku
  • Fisher S6 (4 buah)

Selain bahan-bahan di atas, anda juga akan membutuhkan alat untuk membuat rak dinding melayang ini. Berikut daftarnya:

  • Gerinda Tangan
  • Mesin Las
  • Gergaji Kayu
  • Palu / Obeng
  • Waterpas
  • Bor
  • Mata Bor besi 6mm dan mata bor tembok 6mm

Jika alat dan bahan rak tempel dinding sudah lengkap, anda bisa langsung mempraktekkan cara membuat rak dinding melayang di bawah ini. Rak dinding ini akan melengkapi perabot rumah unik di rumah anda. Simak, ya!

Cara Membuat Rak Dinding Sendiri

Cara membuat rak dinding sendiri di rumah ini umumnya terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, anda harus membuat bracket. Setelah itu, anda bisa membuat rak dindingnya. Dan terakhir, baru akan dibahas bagaimana cara memasang rak tempel dinding. Berikut langkah-langkah cara membuat rak dinding melayang:

Cara Buat Bracket Rak Tempel Dinding

Siapkan plat besi dengan ukuran yang dibutuhkan. Anda bisa manfaatkan sisa teralis jendela rumah yang sudah tak terpakai untuk mendapat plat besi ini. Lalu, buat lubang sebesar 6mm menggunakan bor pada kedua sisi plat besi yang berukuran 7 cm.

Setelah selesai, las plat besi berukuran 2 cm pada bagian tengah plat besi yang sudah dilubangi tadi sehingga menghasilkan bentuk huruf T. Agar tidak berkarat, lapisi bracket yang sudah dibuat dengan cat anti karat.

Cara Membuat Rak Dinding Sendiri

Setelah bracket jadi, saatnya membuat papan rak dinding. Pertama, potong multipleks sesuai ukuran yang diinginkan dan sesuai kebutuhan anda. Besar kecilnya ukuran rak ini tentu berpengaruh pada ukuran bracket yang dibutuhkan.

Pada bagian belakang rak yang tidak terdapat penutup, merupakan lubang untuk memasukan bracket sehingga bracket tidak terlihat. Lalu rakit bagian-bagian multipleks. Anda bisa gunakan lem kayu pada setiap sambungan agar rak menjadi kuat. 

Gunakan sekrup atau paku untuk menyambung semua bagian rak tersebut. Jika anda ingin hasil dan kualitas maksimal, gunakan paku angin. Paku jenis ini akan memudahkan proses finishing karena tidak ada kepalanya.

Setelah itu, tutup bagian samping multipleks dengan menggunakan dempul dan amplas hingga rata. Anda bisa mengecat rak yang sudah halus dengan warna pilihan anda.

Cara Memasang Rak Tempel Dinding

Setelah rak dinding sudah jadi, saatnya memasang rak tersebut ke tembok. Tandai bagian tembok yang akan dilubangi untuk dipasang rak. Bor lubang dan pasang fisher S6 pada setiap lubang. 

Setelah itu, pasang braket pada dinding menggunakan sekrup atau obeng. Agak presisi, gunakan waterpass untuk mengecek apakah bracket sudah sejajar atau belum pemasangannya. Setelah itu, anda tinggal memasang bracket dan memasukan raknya. Begitulah cara membuat rak dinding melayang.

Tips Memasang Rak Tempel Dinding Tanpa Bor

Cara membuat rak dinding melayang di atas mungkin terasa terlalu ribet untuk sebagian orang karena membutuhkan alat bor. Apalagi, jika anda tinggal di kost atau apartemen yang punya larangan memasang paku atau bor ke dinding.

Tak perlu khawatir, anda juga bisa memasang rak tempel dinding tanpa bor, lho! Bagaimana caranya?

Cara memasang rak tempel dinding ini dengan menggunakan perekat serbaguna. Namun, tetap perlu diingat, memasang rak tempel dinding dengan perekat hanya terbatas untuk rak dinding tertentu.

Anda harus memilih rak tempel dinding yang tidak berat alias ringan. Lalu, barang-barang yang hendak diletakkan pada rak pun tidak boleh barang-barang berat. Bagaimanapun, kapasitas berat yang ditawarkan oleh rak tempel dinding ini tidak sekuat rak dinding dengan braket yang dibor.

Hindari meletakkan barang-barang seperti buku, CD/DVD, atau perangkat elektronik. Hindari juga meletakkan benda yang mudah pecah seperti vas bunga, bingkai foto dengan kaca, pajangan keramik, dan sejenisnya untuk berjaga-jaga seandainya rak dinding terlepas.

Perekat rak dinding tempel ini dapat anda beli di toko bangunan terdekat. Biasanya, kain perekat dilengkapi dengan baut-baut panjang dan baut fisher yang digunakan untuk menahan kain perekatnya pada dinding, sehingga anda tidak memerlukan bor.

Berikut beberapa tips memasang rak tempel dinding tanpa bor yang praktis:

  1. Bersihkan dinding terlebih dahulu agar perekat menempel sempurna.
  2. Bersihkan dinding dengan lap dan alkohol. Jangan gunakan air atau cairan pembersih karena bekasnya akan licin.
  3. Pilih dinding yang rata dan halus untuk ditempel rak.
  4. Jangan tempel rak ke dinding bata, dinding dengan wallpaper, atau dinding yang baru dicat.
  5. Usahakan jangan sampai melepas-pasang kain perekat agar daya rekatnya tidak hilang.